Merawat Kaset Piringan Hitam



Era digital telah mengubah cara orang dalam beraktivitas, termasuk saat mendengarkan musik. Dengan menggunakan format seperti MP3 dan MP4, mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan karena perangkat pemutar musik digital tersebut mudah dibawa.

Akan tetapi, bukan berarti media seperti kaset dan piringan hitam ditinggalkan. Untuk beberapa album, dua barang tersebut masih dicari, utamanya yang fanatik dengan satu grup band atau penyanyi lawas.

Kalau anda salah satu orang yang menyimpan kaset dan piringan hitam, perhatian dan perawatan tentu mutlak dilakukan.

Melakukan perawatan pada dua barang tersebut sebenarnya tidak terlampau sulit. Yang paling sederhana adalah dengan memastikan bahwa kaset dan piringan hitam tersebut berada di tempat yang kering, sejuk, tidak terken matahari langsung, serta jauh dari segala debu dan kotoran.

Hal tersebut patut dilakukan mengingat musuh utama dari benda-benda tersebut adalah jamur yang bisa hidup subur di tempat yang lembab.
khusus untuk kaset, dianjurkan untuk tidak menyimpan barang tersebut di tempat yang panas seperti di dalam kabin mobil. Suhu udara dalam kabin yang tinggi secara otomatis akan mmebuat pita kaset akan memuai dan akhirnya membuat kualitas suara menjadi turun atau bahkan rusak sama sekali.

Menghilangkan jamur sekaligus mengurangi pemuaian bisa dilakukan dengan cara memutar kaset ke posisi yang berbeda paling tidak tiga bulan sekali. Langkah ini dimaksudkan juga agar pita tidak lengket atau saling melekat.
Kemudian kalau hendak menghilangkan jamur dari piringan hitam, bisa digunakan bahan pembersih dan pastikan untuk menggunakan kain yang benar-benar lembut agar permukaan piringan tidak tergores. Selain itu letakkan pada tempat yang berangin agar piringan hitam benar-benar kering.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...